Monday, November 23, 2009

Cara Mudah dalam Mengaktifkan Print Spooler

ditulis oleh Basyarah
print-spoolerDalam setiap kegiatan, manusia mengharapkan kemudahan dalam melaksanakannya. Salah satu kegiatan tersebut adalah membuat dokumen. Bayangkan pada saat zaman mesin ketik, salah ketik satu huruf saja harus mengganti kertas, namun setelah adanya komputer semuanya terasa lebih mudah.
Terkait dengan dokumen, salah satu alat untuk mencetak atau printer sudah sangat dibutuhkan, dimana sudah berbagai macam jenis printer seperti laser jet, bubble jet, dot matrix, dan jenis lainnya. Namun dalam pelaksanaannya dibalik kemudahan itu selalu ada kesulitan yang dapat kita temukan. Misalnya tidak bisa mencetak dokumen. Banyak masalah yang harus di analisa terlebih dahulu, dan tidak instant dapat menebak kesalahannya.
Nah, dalam tulisan ini saya membahas salah satu masalah kenapa driver printer tidak dapat di install. Sebetulnya caranya mudah namun jika belum menemukan solusinya akan terasa lebih sulit. Pada saat anda meng-install driver printer namun tidak bisa, dimana terdapat pesan error “Operation could not be completed. The print spooler service is not running” maka terdapat permasalahan pada service print spooler.
Apa itu print spooler?
Print spooler adalah suatu service di windows yang berfungsi untuk memuat file atau dokumen ke memory untuk di cetak. Jika service ini tidak dalam kondisi aktif maka proses mencetak tidak dapat dilaksanakan, termasuk menginstall printer driver. Sekarang anda mungkin mempunyai pertanyaan seperti ini “bagaimana cara mengaktifkan print spooler ini?” sebetunya caranya sangat mudah yaitu:

  1. buka control panel >> Administrative Tools >> services
  2. cari print spooler kemudian klik dua kali
  3. set startup type ke “Automatic”
  4. klik tombol “Start”
Maksunya apa ya startup type itu?
Untuk pemula memang terdapat istilah-istilah komputer yang membingungkan, tapi ini memang harus diketahui. Kamu dapat melihat tulisan saya mengenai startup ini.

No comments:

Post a Comment